ANAK TK SAJA MAU NGE-TRIP, MASA KAMU TIDAK..????

Study tour merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan. Tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung. Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati. Study tour sebenarnya bisa di kategorikan sebagai metode pembelajaran yang berbentuk rekreasi. Metode pembelajaran yang dibungkus dengan “proses” menyenangkan sehingga siswa diharapkan mampu untuk mempelajari, berinteraksi dan menarik hikmah saat berada di lokasi wisata. Beberapa manfaat study tour antara lain:

  1. Menyediakan sumber yang dapat memperkaya informasif actualyang tercantum dalam buku, dan membuat teks dalam buku menjadi berarti.
  2. Mengembangkan sikap ingin tahu peserta, dan memperluas pengertian
  3. Menyediakan pengalaman melalui objek, tempat, situasi, dan hubungan antar manusiayang tidak dapat disediakan di kelas.
  4. Mempertajam kesadaran siswa terhadap lingkungan.
  5. Mengenalkan siswa tentang kemungkinan bidang kerja atau kariryang bisa mereka masuki sesuai dengan cita-cita 
  6. Memadukan kelas dengan komunitas terbaru dan lingkunganyang lebih besar dan lebih berart
  7. Mempererat keakraban dengan teman satu kelas dan melatih kerjasama antar siswa dalam suatu kelompok.
  8. Memberikan suasana relaksasi di tengah rutinitas yang terkadang menjemukan.

 

Nah tidak mau kalah soal belajar, kali ini TK/Paud Anugrah dari Tetegeo Na’ai melakukan study tour dibeberapa instansi nih di Kota Gunungsitoli. Anak-anak TK ini sangat antusias mengikuti kegiatan study tour meskipun jarak tempuh dari sekolah ke Kota Gunungsitoli sekitar 1 jam perjalanan. Rombongan study tour ini menggunakan jasa Bus Pariwisata dari Wonderful Nias Holidays untuk bisa melakukan perjalanan menyenangkan mereka. Adapun instansi yang dikunjungi mulai dari Bandara Binaka Gunungsitoli, mengenalkan kepada anak-anak bagaimana kalau berangkat keluar daerah naik pesawat. Tidak hanya tentang transportasi, anak-anak juga diperkenalkan kepada pilot dan pramugari serta tugas-tugasnya guna memacu pola pikir anak-anak tentang profesi dan pekerjaan.

Selepas dari Bandara Binaka, rombongan study tour menuju Polres Nias. Disini anak-anak diajarkan tentang peran polisi dalam keamanan negara. Selepas dari sana, rombongan mengujungi Bank BNI Cabang Gunungsitoli untuk pengenalan tentang cara menyimpan uang melalui menabung. Selanjutnya rombongan juga mengunjungi Kantor Pos Kota Gunungsitoli agar belajar tentang surat-menyurat dan pengiriman dokumen. Setelah capek keliling-keliling dan mempelajari tentang beberapa instansi dan fungsinya masing-masing, anak-anak rombongan study tour diajak refresing ke Museum Pusaka Nias. Selain disana belajar tentang fauna dan flora yang terdapat dipulau Nias, anak-anak ini juga diperkenalkan tentang budaya dan benda-benda peninggalan nenek moyang suku Nias. Setelah banyak mempelajari hal baru, akhirnya rombongan study tour menikmati waktu bermain dipantai dengan pantauan orangtua dan guru-guru tentunya. Berikut liputan singkat tentang perjalanan study tour Paud/TK Anugrah dari Tetegeo Na’ai

Tidak mau kalah juga kan dengan anak TK..???? Ayo rencanakan juga liburan anda bersama kami Wonderful Nias Holidays. Hubungi kami setiap hari kerja mulai dari Senin-Sabtu pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Wonderful Nias Holidays a step for journey.

Media Sosial Wonderful Nias Holidays

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Now