WISATA DI SURGA TERSEMBUNYI : AIR TERJUN HELAOWO, GREEN CANYON ALA PULAU NIAS

Air Terjun Helaowo

Pulau Nias, selain terkenal dengan wisata budaya yang menyuguhkan ‘Lompat Batu’ sebagai ikon wisatanya yang sudah mendunia, sahabat traveller juga wajib tau kalau Pulau Nias juga punya potensi wisata alam lho dan gak mau kalah dengan daerah-daerah wisata di Nusantara.

Pada kesempatan ini, Tim Wonderful Nias Holidays kembali beraksi untuk mengekplorasi destinasi di Kepulauan Nias dan lokasi yang dituju yakni daerah Gomo di wilayah Nias Selatan. Perlu sobat traveller ketahui jikalau Gomo merupakan daerah asal-usul masyarakat suku Nias. Gomo merupakan tempat peradaban dan pusat kehidupan pertama suku Nias. Jadi tidak heran jika sahabat traveller  berkunjung ke Gomo, sahabat akan disuguhkan dengan batu-batu megalitik kuno. Gomo merupakan wilayah yang menyimpan nilai historis yang sangat tinggi lho yang wajib diketahui oleh generasi muda suku Nias tentunya.

Tim WNH Berfoto Bersama di Helaowo

Dari Kota Gunungsitoli waktu yang ditempuh menuju Kecamatan Gomo cukup lama, sekitar 3 jam perjalanan. Akses jalan juga hanya mulus sampai Kecamatan Lahusa. Memasuki wilayah Gomo akses jalan kurang memadai sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati tentunya. Setibanya di wilayah kecamatan Gomo, Tim Wonderful Nias Holidays beristirahat sejenak sambil mencari informasi tentang lokasi yang akan dituju yakni Air Terjun Helaowo yang terletak di wilayah Desa Sinar Helaowo, Kecamatan Gomo. Berdasarkan informasi yang Tim WNH peroleh, masyarakat setempat memperingatkan untuk tidak melemparkan batu kedalam air ketika berada dilokasi air terjun. Hal ini cukup mistis sahabat traveller karena ketika melemparkan batu kedalam air maka akan terjadi banjir bandang besar yang membahayakan nyawa pengunjung. Informasi ini cukup menjadi perhatian bagi Tim untuk tidak melakukan kecerobohan tentunya dilokasi Air Terjun. Dari kota Gomo menuju Air Terjun Helaowo sekitar 40 menit perjalanan. Jarak sesungguhnya memang tidak jauh tetapi mengingat wilayah ini sedang dalam masa pembenahan oleh pihak Pemerintah Daerah, akses jalan masih sangat kurang memadai, sahabat traveller yang ingin berkunjung harus tetap hati-hati ketika berkendaraan agar terhindar dari kecelakaan.

TimWonderful Nias Holidays Berhenti di Kecamatan Gomo

Nah setibanya dekat lokasi, Tim WNH bertemu dengan Bapak Kepala Desa Sinar Helaowo dimana rumah beliau tepat berada disimpang menuju lokasi air terjun. Setelah melaporkan maksud kedatangan, Tim WNH menitip parkir di depan rumah Bapak Kepala Desa berhubung akses jalan ke air terjun sempit dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit saja dari akses jalan umum. Tim Wonderful Nias Holidays sangat antusias berjalan kaki mengingat badan sudah gerah selama perjalanan jadi waktunya untuk menyegarkan badan di air yang sejuk.

Berbincang-bincang dengan Kades Sinar Helaowo

Air Terjun Helaowo ternyata terletak didalam tebing-tebing karang yang menyerupai Green Canyon lho sahabat traveller. Debit air airnya sangat deras sekali serta memiliki 2 tingkatang yang cukup tinggi. Selain itu juga airnya sangat dalam sehingga bagi traveller yang kurang mahir berenang disarankan untuk tidak mengambil resiko berenang dilokasi air terjun ini. Air Terjun Helaowo sangat sejuk dan jernih, tampilan genangan airnya juga berwarna hijau. Para pengunjung yang datang kesini pasti akan merasa rugi sekali jika tidak menceburkan diri kedalam air yang sejuk. Buat para traveller yang senang berpetualangan dan ingin wisata alam, Wonderful Nias Holidays merekomendasikan Air Terjun Helaowo sebagai salah satu destinasi sahabat. Bagi yang berminat juga bisa menghubungi Wonderful Nias Holidays untuk menemani perjalanan sahabat, via Call 081269888444 atau chat via WhatsApp 082367111000 | 085360820500 atau bisa langsung mengirimkan pesan ke email kami wonderfulniasholidays@gmail.com

Kenali negrimu, kenali alammu. Salam Pariwisata..!!!!!

 

Wonderful Nias Holidays, a step for journey.

Comments are closed.

Chat Now